NUrahriyon no Mago : ABG kalahkan 10 ribu siLuman



Mangaka: Shiibashi Hiroshi

Terbit: 2007

Penerbit: Weekly Shounen Jump

Jumlah tankoubon: 11 (ongoing)

Produksi anime: Studio DEEN

Tayang: Yomiuri TV, 5 Juli 2010

Jumlah episode: 2 (on going)

Sutradara: Nishimura Junji

Desain karakter: Oka Mariko

Skenario: Takahashi Natsuko

Musik: Tanaka Kouhei

Lahir di tengah keluarga berpengaruh bisa menjadi berkah atau musibah. Bayang-bayang nama besar orang tua kadang memberikan tekanan psikologis kepada anak. Hal itu pula yang dialami Nura Rikuo.

Sang kakek adalah pensiunan komandan besar Nurarihyon yang membawahkan 72 organisasi beranggota 10 ribu youkai dari klan Nura. Ayah Rikuo yang sudah mangkat adalah generasi kedua komandan besar yang berkarisma dan disegani.

Sebagai putra dan cucu komandan besar, Rikuo otomatis digadang-gadang sebagai penerus jabatan bergengsi di dunia youkai itu. Bila bertakhta, Rikuo akan mengomandoi seluruh anggota klan Nura dan memimpin hyakki yakou.

Tapi, Rikuo justru menganggap warisan nama besar itu sebagai beban. Dia enggan meneruskan jabatan komandan besar. Kalau bisa, Rikuo ingin identitasnya sebagai keturunan youkai dikubur saja. Cowok berkacamata itu ingin menjalani kehidupan normal ala manusia yang tak mencolok. Sebab, darah youkai dalam tubuhnya hanya seperempat bagian.

Keengganan Rikuo menimbulkan gejolak di tubuh klan Nura. Suara-suara sumbang mulai terdengar. Ketidakpuasan anggota klan Nura terhadap sikap Rikuo bagaikan bom waktu yang siap meledak kapan saja.

Apa yang akan dilakukan Rikuo? Jalan manakah yang akan dipilihnya? Mewarisi nama komandan besar klan Nura atau melarikan diri dari tanggung jawab dan menjalani hidup normal ala manusia?

Pada 2007 Shiibashi Hiroshi menuangkan idenya, yakni mengangkat kehidupan para youkai melalui kisah one shot Nurarihyon no Mago (Grandchild of Nurarihyon) yang diterbitkan Shueisha. Sepak terjang remaja tanggung yang hidup bersama para youkai itu mendapat respons cukup bagus. Akhirnya, Nurarihyon no Mago diberi kesempatan mengisi Weekly Shounen Jump secara reguler.

Popularitas Nurarihyon no Mago perlahan tapi pasti menanjak. Volume perdana tankoubon Nurarihyon no Mago yang dirilis pada Maret 2008 menempati posisi kesembilan di chart manga terlaris edisi 5-11 Agustus 2008 yang disusun Tohan. Sejak saat itu, penjualan manganya tak pernah keluar dari ranking 20 besar.

Selagi berada di atas angin, Nurarihyon no Mago berusaha menjaring lebih banyak fans melalui versi anime. Pasukan youkai klan Nura merangsek layar kaca lewat stasiun televisi Yomiuri TV mulai 5 Juli lalu. Serial besutan Nishimura Junji itu juga ditayangkan di Tokyo MX TV (6/7), Chukyo TV (6/7), BS11 Digital (10/7), dan Animax (19/7).

Walaupun alur cerita tak terlalu setia pada versi manga, Studio DEEN yang mengerjakan animasi Nurarihyon no Mago cukup memperhatikan detail para youkai. Tagashira Shinobu (Shounen Onmyouji, Amatsuki) dipekerjakan khusus untuk mendesain tampilan youkai.