Perbandingan Dream High dan Dream High 2

Sepertinya sedikit telat membuat postingan tentang perbandingan Drama seri anak sekolah ini. Maklum, setelah Januari 2012 lalu drama ini resmi disiarkan, Saya baru hunting filenya sekitar 2 bulan kemudian. Dan hari ini baru saja tuntas menyelesaikan nonton dramanya. I hope this drama will be broadcasted on TV soon. Bagi para Dream High lovers, tentu saja masing-masing punya opini sendiri tentang dominasi yang mana yang lebih bagus? Nah, dalam opini Saya masih saja Dream High pemenangnya! Yuk, mari dicek perbandingannya.

Dari segi pemain:
Pemain Dream High memang benar-benar rookie, kecuali Taecyeon, Eun Jung, dan Soo Hyun yang memang lebih berbakat akting. Dan awalnya, Saya tidak merasa tertarik sama sekali untuk mengikuti drama ini. Eh setelah lihat episode 1 malah ketagihan. Akting para pemain di Dream High sangat natural dan pemilihan pemain sangat pas, meskipun kebanyakan dari mereka adalah rookie. Dan perhitungan skor akting pemain disini Saya beri 8. Dan pada awalnya pula, setelah melihat episode 1 Saya langsung searching dan mengorek lebih jauh tentang para pemain. Saya rasa impact drama ini pada popularitas pemain sangat signifikan *bagi saya yang hanya terpaku pada SMent*

 

Sedangkan pemain Dream High 2 kurang memberi kesan penasaran. Atau karena Saya sudah mengikuti beritanya? Sama-sama rookie, namun pemilihan pemain kurang pas, kurang greget dan terkesan ada yang sia-sia berakting di Dream High 2 karena peran mereka tak terlalu banyak. Atau bahasa gampangnya, pembagian scene dan jatah akting kurang rata menurut Saya. Ceritanya lebih disorotkan pada pemeran utama saja, dan pemeran sampingan benar-benar dikesampingkan. Yang mampu berakting secara alami dan benar-benar membuat emosi adalah Jiyeon dan Kang Sora. Peran mereka ngena banget deh pokoknya. Saya kasih nilai 7.5 buat para pemainnya.



Dari segi plot cerita:
Cerita Dream High sederhana dan terkesan mudah ditebak. Permasalahan tentang cintanya juga mudah sekali ditebak. Berbeda dengan Dream High 2 yang ceritanya terkesan spontan dan tebakan dari penonton bisa saja salah. Namun, masing-masing memiliki kekuatan sendiri. Di Dream High yang membuat menarik dalam hal ini adalah kesederhanaan cerita yang disuguhkan, aura kompetisi yang sangat kuat, dan masalah percintaan yang menarik untuk diikuti, dan juga karakter masing-masing tokoh yang kuat menjadi kekuatan Dream High yang hingga saat ini menurut Saya masih dominan ketimbang Dream High 2.

Selain spontan, Dream High 2 lebih banyak diisi dengan komedi sehingga tak tampak serius dan 'berat' seperti Dream High. Kisah percintaan lebih kompleks dan menggantung, hal yang membuat penonton bertanya-tanya dan kurang merasakan klimaks dari cerita cinta si tokoh, antara Hye Sung dengan JB, JB dengan Rian, Hye Sung dengan Yoo Jin, atau Yoo Jin dengan Rian. Karakter tokoh pun kurang menonjol dibanding Dream High. Ada sebuah keganjilan yang membuat penonton tak bisa membedakan mana tokoh utama, mana tokoh pendukung hal ini khususnya pada karakter cowok. Jika di Dream High jelas bahwa tokoh utama adalah Song Sam Dong, di Dream High 2 kita tidak tahu, apakah itu Yoo Jin atau JB? Dan sedikit membuat Saya kecewa adalah seharusnya Yoo Jin berpasangan dengan Hye Sung, bukan Hye Sung dengan JB, tapi itulah kejutannya, kita akan menebak bahwa Yoo Jin akan bersama Hye Sung tetapi ternyata tidak.

 Dream High 2 juga kurang jelas dalam mendeskripsikan mimpi masing-masing karakter, yang manakah mimpi Rian sebenarnya? Yang mana mimpi Hye Sung sebenarnya? at least, dalam mencapai mimpi dan perjuangannya, masih bagus Dream High karena Dream High benar-benar menyajikan 'Cara untuk menggapai mimpi sebenarnya dan Ketatnya persaingan meraih mimpi kita'.

Endingnya, lagi-lagi menggantung. Apakah ini pertanda bahwa akan ada Dream High 3?

Dan ada beberapa keganjilan dalam Dream High 2 yang masih memasang Kim Soo Hyun sebagai Song Sam Dong. Pada saat pembuatan film Dream High 2 seharusnya Tahun ajaran sudah menjadi 2018, karena pada Dream High disebutkan *ada tanda* yang menunjukkan tahun 2010 dan 8 tahun kemudian, barulah Sam Dong menjadi artis papan atas Korea. Pembagian waktu yang aneh bukan?

Dan seharusnya bila IU tetap menjadi Pil Sook, Suzy yang muncul sebagai cameo juga harus tetap menjadi Hye Mi, bukan Suzy Miss A. Hal ini terasa aneh.

Cerita yang sama milik Baek Hee terulang kembali, Yoo Jin menjadi pengajar di Kirin Art School. Dan kelas admisi yang baru lebih jelek dan tidak terlihat seperti kelas admisi pada Dream High. Seharusnya, kelas B (lower class) tidak memiliki alat musik. Nah lho?

Penghilangan karakter sebelumnya membuat drama Dream High 2 terasa aneh. Setidaknya, Hye Mi, Baek Hee, Jin Guk, Sam Dong, Pil Sook, dan Jason tetap dikenang di Kirin Art School dan setidaknya si Yang Jin Man masih berhubungan dengan Kang Oh Hyuk.

Beberapa kesamaan peran seperti :
  1. Yoo Jin sama berandalannya dengan Jin Guk, tetapi Yoo Jin lebih humoris
  2. JB yang hampir sama seperti Jason yang well-groomed,charming, dan dance machine *jambulnya juga sama*
  3. Kahi berperan hampir mirip atau bisa dibilang mirip dengan Guru Shi Kyung Jin
  4. Yang Saya bingungkan adalah Rian karena dia bisa terlihat seperti Hye Mi sekaligus seperti Baek Hee, kedua sifat dari kedua orang ini berada dalam satu karakter bernama Rian. Jadi apakah sebenarnya pemeran utamanya adalah Jiyeon? Who knows?
Jadi, buat para Dream High Lovers, mana yang lebih kalian suka?