Speak Your Idea Up!

Setiap orang pasti memiliki impian, opini, keinginan, tujuan mereka sendiri. Dan terkadang mereka butuh media untuk menumpahkan semua isi hatinya agar orang lain tahu. Atau setidaknya, Ia menemukan orang yang sependapat dan saling bertukar pikiran kemudian. Hal yang paling penting sih mengenai kehidupan berbangsa dan bernegara.
Ada banyak orang di dunia ini dan tentunya mereka memiliki dunia ideal masing-masing. Saling berbagi dan bertukar pikiran bukanlah hal yang salah. Apalagi menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Meskipun kita tak pandai merangkai kata atau terkadang orang lain memojokkan kita dengan opini kita, kita harus tetap berani angkat suara. Sebagai manusia kita punya hak untuk berbicara dan mengeluarkan pendapat. Namun, sebagai manusia yang cerdas kita juga harus bisa menyampaikan pendapat dengan bijak dan dengan cara yang tepat.

Tak semua pendapat kita akan diterima dengan baik oleh orang lain dan tak semua pendapat bijak kita didengarkan orang lain dengan baik. Maka
  1. Sampaikan ide dengan itonasi yang lembut dan tegas
  2. Sampaikan ide yang bijak
  3. Sampaikan ide yang membangun
  4. Beri solusi dan jangan memberi permasalahan
Setidaknya hal tersebut yang membuat gagasan kita akan dengan mudah diterima oleh orang lain. Akhirnya ide kita dapat diaplikasikan dengan baik dalam pelaksanaannya.

Dan jangan ragu untuk memberi informasi yang bersifat membangun. Media yang bisa digunakan dalam penyampaian ide ada berbagai macam. Bisa secara langsung maupun secara tulisan.

Dan di zaman canggih seperti menyampaikan ide lewat jurnal online sangat membantu. Apalagi ketika ingin menyampaikan opini pada Petinggi Negara. Mungkin akan lebih cepat sampai, selain alternatif menulis surat langsung.

Mari gerakkan blogging!