Selamat Hari Pramuka Indonesia

Lambang Pramuka
Tanggal 14 Agustus hari lahirnya gerakan kepanduan di Indonesia tercinta. Sejak dulu hingga sekarang Pramuka masih tetap bertahan dan ada. Dari Saya ikut kepanduan di Sekolah Menengah Pertama Saya masih mencintainya. Meskipun Saya sudah tidak aktif lagi di gerakan Pramuka. Sejak dulu hingga sekarang pendapat Saya masih sama, Pramuka adalah sarana pembentukan karakter bangsa. Pramuka adalah gerakan kepanduan bersifat kekeluargaan.

Sama seperti postingan Saya di HUT Pramuka beberapa tahun silam, dewasa ini gerakan kepanduan Pramuka makin kehilangan gaungnya. Gerakan ini tergerus oleh derasnya arus globalisasi yang melanda negara tercinta ini. Remaja zaman sekarang lebih suka menghabiskan waktunya dengan hang-out di mall, bermain game, dan sibuk di dunia maya serta mengurangi intensitas relasi sosial dalam kehidupan nyata mereka. Faktor-faktor seperti inilah yang turut andil membuat semakin pudarnya rasa kekeluargaan dan cinta alam dalam diri manusia. Tak heran jika generasi muda mendatang, generasi muda calon pemimpin berubah menjadi generasi penguasa yang lebih mementingkan perut mereka sendiri.

Untuk itulah gerakan Pramuka ada, menanggulangi bahaya laten masa depan dengan pendidikan dini kesosialan di tingkat sekolah dasar. Pramuka bukan hanya sekedar bertepuk dan bernyanyi, Pramuka mengajarkan kita kemandirian, kerjasama tim, kedispilinan, pengembangan kreatifitas, kecerdasan memecahkan masalah, dan penanaman jiwa empati yang tinggi. Gerakan Pramuka lebih didasarkan kepada penanaman mental disiplin dengan cara yang lebih halus dari militer namun lebih tegas dari sekolah formal. Gerakan Pramuka mengajarkan ketangguhan dalam bertahan hidup.

Atribut Pramuka

Gerakan Pramuka, gerakan pecinta alam yang lebih terorganisir dan bertanggung jawab tanpa menggeser nilai pecinta alam itu sendiri. Gerakan Pramuka lebih menarik karena memiliki dasar hukum yang melindunginya. Gerakan Pramuka tidak sekeras pendidikan militer, Gerakan Pramuka lebih didasarkan pada hukum kekeluargaan (korsa). Satu kelaparan, yang lain juga kelaparan. Satu berbuat salah, yang lain juga menerima hukuman. Niscaya jika generasi zaman sekarang masih mencintai Gerakan Pramuka maka di masa depan akan muncul pemimpin yang benar-benar mengabdi untuk bangsa dan negara, bukan penguasa yang ingin menguras kekayaan bangsa dan negara.

Salam Pramuka!