Review Film : The Lorax

"I'm the Lorax and I speak for a tree."
Lingkungan dan keserakahan, dua hal yang saling bertentangan. Manusia tidak akan merusak lingkungan jika mereka tidak serakah. Global warming akhir-akhir ini membuat film karya Dr. Seuss ini akhirnya diangkat ke layar bioskop untuk mengingatkan manusia akan keserakahan mereka yang akhirnya mengancam keadaan lingkungan. Memasang Zac Efron sebagai pengisi suara pemeran utama Ted, film yang bermula dari love interest si Ted, Audrey (Taylor Swift) yang ingin sekali melihat pohon sebenarnya. Karena sebenarnya mereka tinggal di Thneedville, yakni kota yang semua terbuat dari plastik dan mereka membeli udara dari pabrik O'Hare (Rob Riggle) karena tanpa udara yang dijual di pabrik O'Hare tersebut udara di sekitar mereka sebenarnya kotor karena limbah pabrik.


Untuk menemukan pohon asli tersebut (dengan tujuan membahagiakan Audrey), Ted berkelana sampai Ia keluar dari Thneedville untuk bertemu dengan Once-ler (Ed Helms). Semula, sebelum Thneedville dipenuhi kepalsuan dan udara buatan, Thneedville merupakan surga. Thneedville merupakan lembah dimana pohon Truffula tumbuh. Sayangnya karena penemuan si Once-Ler yakni Thneed yang berbahan dasar dari daun pohon Truffula inilah membuat hutan Truffula di lembah itu dibabat habis. Tidak lain tidak bukan pelaku eksploitasi alam itu adalah si Once-Ler.

Setelah bercerita cukup banyak hingga Ted sempat diperingatkan dan dicegat oleh O'Hare akhirnya Once-Ler mau memberikan benih terakhir pohon Truffula untuk ditanam Ted di tengah kota dan membuat warga kota sadar bahwa sebenarnya mereka membutuhkan pohon 'asli'.

Menurut ane, film ini memiliki muatan yang bagus dan disampaikan dengan cara yang ringan. Ane suka gaya bertutur si Once-Ler. Oh ya film ini juga mengandung sedikit genre musikal karena terdapat banyak nyanyian. Dari segi cerita, The Lorax dikemas secara apik dan  mampu menggugah kepedulian kita terhadap lingkungan akhir-akhir ini. Dari segi grafis, cukup bagus. Dari segi casting juga tidak ada hal yang perlu dikomentari karena pemilihan peran sudah cukup tepat. Overall, film ini bagus dan layak ditonton.

Dan intinya, kita sebagai manusia yang diberi amanah oleh Tuhan tidak seharusnya mengutamakan kepentingan pribadi dengan merusak alam seenaknya. Bukankah bumi ini kita tinggali untuk kita jaga dan pelihara juga? Bukan hanya untuk dieksploitasi. Cintailah lingkungan!


Score 7.8/10
Recommended to be watched