Batman dalam Persepsi Ane


Oke, Postingan kali ini ane mau bahas beberapa review marathon dan juga kisah ane sampe ane tertarik sama si Batman ini. Siapa sih yang engga kenal Batman? Pembela Kota Gotham. Batman sebenarnya bukan salah satu superhero favorit ane, ane cuma sekedar tahu dan engga begitu ngikutin ceritanya sejak ane kecil. Ditambah lagi, menurut ane Batman engga sesuperhero itu karena Ia tidak memiliki kekuatan spesial tetapi memiliki UANG sebagai alat untuk membuatnya terlihat kuat. Kalau dibandingkan dengan Iron Man (sama-sama menggunakan UANG sebagai resource kekuatan) ane lebih prefer Iron Man. Menurut ane Batman itu terlalu kaku dan yah engga senyentrik Iron Man lah meski nyatanya si Bruce Wayne juga "mencoba" terlihat "nakal" seperti Tony Stark.

Ternyata ane salah atau lebih tepat masih belum paham bahwa si Batman ini adalah superhero yang berasal dari hati. I mean, awalnya bener emang dia cuma pingin balas dendam karena kematian orang tuanya tapi pada akhirnya dia itu rela mengorbankan semua yang dia punya untuk Kotanya tercinta, Gotham. Dan yang bikin ane demen dan jadi tertarik ngikutin Trilogi The Dark Knight ini adalah villainnya yang bisa dibilang berat, butuh mikir keras, dan amazing. Villain favorit ane untuk saat ini adalah JOKER. Berbeda dengan superhero rekaan Marvel yang rata-rata si Villain emang didesain memiliki kekuatan yang sebanding dan ada kausa dibalik tindakan kriminal si Villain itu. Dan menurut ane, kalau Marvel menang karena menghibur dan efek yang fantastis, si The Dark Knight dari DC Comics ini menang dari muatan filmnya. Efeknya bukan kelas kacangan, itu pasti, tapi plotnya itu engga segampang plot rekaan Marvel. Jadi, dengan arahan Christopher Nolan trilogi The Dark Knight ini sukses bikin ane puyeng.

Awalnya ane engga tertarik sama sekali sama si Batman ini. Berhubung baca-baca dan denger-denger kata orang-orang bagus, mantengin postingan 9gag yang nyinggung The Dark Knight kok bikin penasaran, dan keliaran akting Heath Ledger waktu jadi Joker plus Kegarangan Tom Hardy pas jadi Bane. Jadilah ane tertarik ngikutin Superhero Kelelawar satu ini.

  • Batman Begins
    Batman begins ini menceritakan awal mula dan alasan kenapa sih si Bruce Wayne (Christian Bale) mau jadi Batman, yah seperti Tony Stark yang akhirnya memutuskan tidak memproduksi senjata tetapi malah membuat baju zirah yang merupakan senjata mematikan. Musuhnya disini adalah Scarecrow (Crane), ane engga paham sama si villain karena menurut ane villainnya lemah banget. Konfliknya sih ada pada ketakutan si Batman itu sendiri. Film ini lebih mengerucutkan cerita ke perjuangan Bruce Wayne mengalahkan ketakutannya dan menjadi pahlawan Gotham City. Score dari ane buat film ini 7.1/10. Engga usah ditonton sebenernya, tapi supaya lebih paham sama film berikutnya lebih baik ditonton *rempong*




  • The Dark Knight
  • Nah! Ini favorit ane! Dari awal kita udah dibikin mikir, dibikin deg-deg an, dibikin sebel dan emosi karena si Villain nggeregetin abis. Di sisi lain, selain berkonflik dengan kelihaian Joker (Heath Ledger) dan kegilaan villain satu ini, Batman harus dihadapkan pada kejatuhan. Ya! Disini Batman dikisahkan jatuh untuk menyelamatkan nama baik orang lain, Harvey Dent. Akhir cerita Batmannya ngilang dan yang ane paham cuma karena itu tadi nyelametin nama baik Harvey Dent. Sayangnya, cast Rachel (love interestnya Batman) yang semula diperankan oleh Katie Holmes tiba-tiba diganti sama orang lain yang menurut ane engga good-looking banget dan ane engga ngeh gitu. Yang ane favoritkan dari film ini adalah kecerdasan Nolan meramu plot dan emosi sedemikian rupa sehingga orang susah ngerti sama maksud film ini, termasuk ane. Score dari ane 8.6/10. Recommended to be watched!



  • The Dark Knight Rises

  • Kalau yang ini, ini film terbagus! Seriously! Efek, akting pemeran, kedalaman emosi yang disampaikan beuh jangan tanya deh sip banget! Disini si Batman dikisahkan udah uzur, udah engga kuat jadi pahlawan dan tetep ngilang sejak terakhir Ia lawan Joker 8 tahun lalu. Sayangnya, teroris besar, Bane (Tom Hardy) muncul dan memporak-porandakan Gotham. mau engga mau, suka engga suka si Batman harus kembali. Saat ini adalah saat kebangkitan si Dark Knight, kesempatannya untuk membersihkan nama baiknya dan berbuat sesuatu yang sangat berharga buat Gotham. Dalam film ini juga, ane bener-bener ngerasain feelnya SUPERHERO, menyelamatkan warga Kota. Berbeda dengan film-film sebelumnya yang ngelawan villain karena sentimen pribadi atau kepentingan beberapa pihak. Disini sisi heroik si Batman disorot secara jelas. Dan disini juga akhirnya Bruce Wayne bisa move on dari Rachel. Robin (Joseph Gordon Levitt) juga didapatkan Batman disini. Sayangnya ane engga begitu sreg sama ending yang menurut ane kurang uh ah. Villain mati dengan cara yang engga banget dan kurang dramatis kalau ane bilang. Tapi, hebatnya Nolan bisa nutupin kekurangannya itu dengan plot yang licin dan unpredictable. Score dari ane untuk segala "kesempurnaan" film ini adalah 8.9/10. Highly recommended to be watched!

     
    Bener kata Joker, it's not about the money (profit we gets more) but it's about sending a message. Bagi ane, dari ketiga film di atas yang paling bagus adalah The Dark Knight Rises, seriously plotnya lebih mudah dicerna tapi unpredictable dan sukses bikin emosi naik sepanjang film disertai dengan superioritas efek grafis film dan ketidak sia-siaan akting para pemain. Tapi yang jadi favorit ane, The Dark Knight! The Dark Knight ini bikin ane bingung sama plotnya dan jujur sampe filmnya abis ane engga nangkep ceritanya hahahaha. Kalau yang Batman Begins haduh bagi ane itu engga layak tonton, sayangnya kalau engga ditonton engga bisa nyambung ke part berikutnya #trollface.