Review Film : ParaNorman

Film ini dari judulnya aja udah keliatan kalau berbau hantu dan horror. Awalnya ane kira filmnya semacam Paranormal Activity gitu terus diparodikan eh ternyata bukan. Malah filmnya menjurus ke serius dan sedikit jokes. Film ini bukan buatan Tim Burton tapi film ini merupakan film animasi Stop Motion. Tahu kan? Itu tuh yang seperti Shaun The Sheep dan Nightmare Before Christmas. Soh, mari cek bersama-sama feedback ane terhadap film ini.


Berkisah tentang seorang anak lelaki yang bisa melihat hantu, Norman. Norman seperti anak indigo kebanyakan yang dicap sebagai Freak atau sesuatu yang weird dan aneh buat ukuran manusia biasa tanpa gift. Norman ini suatu hari ditemui oleh Mr. Persehgart, manusia aneh dan misterius. Mr. Persehgart ini menemui Norman untuk memberinya suatu tugas. Tugasnya adalah membacakan sebuah cerita kepada mendiang Penyihir wanita, Agatha Persehgart, yang menjadi ikon Kota tempat Norman tinggal. Konon, bila Aggie tidak dibacakan cerita ketika hari peringatan kematiannya, Aggie akan menyebar teror dan kutukan kematiannya. Masalahnya bukan hanya di situ ternyata kutukan Aggie ini berimbas pada 7 korban yang tidak bisa meninggal dengan tenang malah menjadi The Walking Dead. Jadi, ini merupakan tugas Norman sebagai seorang yang diberi gift untuk menyelamatkan warga Kota dan juga membantu 7 korban Aggie agar beristirahat dengan tenang.
"Fear can change People into a horrible things"
Menurut ane, plot yang dihadirkan dalam film Paranorman ini terkesan simpel dan mainstream. Mainstream karena kita sudah bisa menebak ini loh tokohnya bakal begini, bakal begitu. Satu amanah yang bisa kita tangkap dari film ini bahwa, ketakutan kadang bisa membuat orang menjadi sesuatu yang mengerikan. 7 Korban Agge contohnya, saking takutnya akan ke'aneh'an Aggie mereka akhirnya menghukum mati Aggie dan akibatnya malah buruk bagi diri mereka sendiri. Dan seharusnya kita juga bisa menoleransi orang yang ditakdirkan 'berbeda' dari kita, bukan malah menjauhinya atau mem-bullynya. Suatu saat orang yang berbeda itu malah akan menjadi penolong kita karena 'perbedaan' yang dimilikinya.

Menilik segi grafis dan cerita yang standar, film Paranorman ini lumayan menarik untuk diikuti.

Score 7.1/10
I can't recommend it to be watched but If you want to watch, go ahead.