Review Film : Cast Away [2000]

Setelah tahun kemarin hadir Life of Pi yang disutradari oleh Ang Lee si pemenang Oscar. Ternyata, jauh sebelum Life of Pi atau 127 hours juga ada film survival yang dibintangi aktor gaek, Tom Hanks berjudul Cast Away. Film yang rilis di era Millenium ini mendapat rating yang tak begitu bagus di IMDb (7.6) tetapi cukup bagus di rotten tomatoes (90%) dan menurut ane, film ini sendiri cukup bagus.


Dimana-mana, film survival memang membuat kita menjadi lebih bersyukur dengan apa yang kita miliki sekarang. Bisa jadi, kita akan membayangkan apa sih yang bisa kita lakukan untuk menuruti intuisi bertahan hidup kita di alam antah berantah? Apakah kita bisa bertahan hidup seperti yang di alami tokoh yang ada di film? Well, begitulah inti film ini.

Chuck Noland (Tom Hanks) adalah pegawai jasa pengiriman FedEx yang terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni di tengah Samudera Pasifik. Pesawat yang ditumpanginya secara tak diketahui meledak dan melemparkannya ke pulau terpencil tanpa ada seorangpun kecuali mayat seseorang yang sudah lama meninggal. Selama empat tahun terdampar dengan background belum move on dari kekasihnya di Memphis, Kelly (Helen Hunt) Chuck berusaha sekuat tenaga bertahan hidup. Sebelumnya Ia tidak bisa membuat api, tidak bisa menangkap ikan, kelaparan berminggu-minggu akhirnya bisa menjadi manusia hutan dan menemukan cara untuk membawa dirinya kembali ke tempat asalnya, Memphis. 


Film ini menunjukkan proses dari seorang Chuck yang tanpa lelah mencari bantuan dan benar-benar awam menjadi survivor hingga berubah menjadi survivor tangguh. Film ini juga bisa menjadi pedoman kalau suatu saat kita mengalami nasib yang sama seperti Chuck dengan adegan-adegan yang merupakan proses adaptasi untuk mempertahankan nyawa dan tak menyerah pada nasib begitu saja. Emosi dan empati kita akan diuji dalam film berdurasi 2 jam ini. Tak hanya itu rupanya film ini juga meraih penghargaan yang lumayan banyak karena akting epik Tom Hanks, yakni Golden Globe Award for Best Actor - Drama Film, New York Film Critics Circle Award for Best Actor, Online Film Critics Society Award for Best Actor, Chicago Film Critics Association Award for Best Actor, Golden Trailer Award for Best Drama, Blockbuster Entertainment Award for Favorite Supporting Actress - Drama, ASCAP Film and Television Music Award for Top Box Office Films, BFCA Critics' Choice Award for Best Inanimate Object, Teen Choice Award for Choice Movie Chemistry, Bogey Award in Gold.

So, tontonlah film ini untuk lebih bersyukur dengan kehidupan kita yang sekarang.

Plot★ ★ ★ ☆ ☆
Akting★ ★ ★ ☆ ☆
Musik★ ★ ★ ☆ ☆
Grafis★ ★ ★ ☆ ☆
Overall★ ★ ★ ☆ ☆