Review Film : Spirited Away [2001]

Dulu, waktu ditawarin nonton film ini ane selalu nolak. Entah kenapa, ane engga tertarik dengan bungkusan luar film ini. Tanpa tahu ada angin apa yang mengubah pendirian ane, tiba-tiba ane memberanikan diri untuk nonton animasi karya studio Ghibli ini. Well, inilah film studio Ghibli pertama yang ane tonton. Disutradarai oleh maestro Studio Ghibli, Hayao Miyazaki, Spirited Away mendapat rating bagus di kalangan penggemar film dan animasi. Mau tau review ala ane? Yuk mari scroll ke bawah.


Memasang tokoh utama, Chihiro Ogino, seorang gadis kecil yang tengah berada dalam perjalanan pindah rumah. Awalnya Chihiro sangat tidak terkesan dengan keputusan orang tuanya untuk pindah dan merasa sangat kesal pada Ayah-Ibunya tetapi takdir berkata lain begitu keluarga kecil Ogino tersesat di antah berantah. Sang Ayah yang mengemudikan mobil rupanya mengambil jalan yang salah dan tak mau berbalik kembali ke jalan yang benar malah mengajak keluarga kecilnya bertualang ke tempat yang seharusnya tidak mereka kunjungi. Dari sinilah keluarga kecil Ogino terpisah dan Chihiro terlibat dalam petualangan "dunia berbeda". Awalnya Chihiro bertemu Haku, kemudian bertemu Yubaba yang mencuri namanya dan menjadikannya Sen, di sini juga dia bertemu makhluk ajaib bertudung hitam dan bertopeng lucu bernama "No Face". Lantas mampukah keluarga kecil Chihiro kembali lagi ke dunia tempat mereka seharusnya berada?

Penyesalan tak berarti menyusupi ane begitu film ini selesai. Pasalnya bukan karena plot cerita yang disuguhkan mengecewakan, bukan. Justru karena ceritanya menyentuh dan memiliki daya tarik magis, ane menyesal kenapa baru sekarang mengenal karya Studio Ghibli? Spirited Away tidak hanya mengusung muatan moral yang mengena tetapi juga pembawaan film yang awesome. Studio Ghibli membantu kita membebaskan imajinasi liar bahwa di dunia ini kita tidak sendiri. Ditambah lagi animasi yang begitu fleksibel (tidak seperti anime OVA kebanyakan) membuat kita bisa membandingkan karya Studio Ghibli dengan karya Disney, waw! Kemampuan Hayao Miyazaki membuat emosi penonton tertaut juga patut diacungi jempol, film ini mampu mengolah emosi penonton. Finally, film ini memang benar-benar keren.


Plot★ ★ ★ ★ ½ 
Akting★ ★ ★ ★ ☆
Musik★ ★ ★ ★ ½ 
Grafis★ ★ ★ ★ ☆
Overall★ ★ ★ ★ ½