Review Film : JOBS [2013]

Hai-hai para pembaca yang kadang-kadang melipir ke blog Saya. Karena sudah lama tidak posting review film Saya ingin berbagi review film biografi pendiri Apple, Steve Jobs. Posting ini bisa disebut sebagai late post karena saya sebenarnya sudah menontonnya sekitar dua minggu lalu dan postingan ini baru turun. Hal ini disebabkan oleh kemalasan Saya surfing di cyber world dan juga kesibukan yang intensitasnya semakin meninggi. Nah, daripada bosan mendengar curhatan saya mengenai delay posting yuk mari simak film yang ternyata engga begitu sukses ini.

Steve Jobs (Ashton Kutcher) adalah seorang manusia cerdas menuju jenius dan disebut-sebut sebagai visioner ternama. Di awal film dikisahkan kehidupan mahasiswa Steve di Reed University dan bagaimana bisa dia DO. Bagian awal film terkesan digarap kasar dengan alur yang tidak jelas membosankan pemirsa, belum lagi tempo cerita yang dimainkan terasa lambat.

Inti cerita diawali dengan bertemunya Steve Jobs dengan Steve Wozniak (Josh Gad). Di sini sebenarnya tidak terlalu kentara sifat "visioner dan inovator" Steve, menurut penilaian ane malah Steve terlihat "hanya" sebagai manusia yang pandai melihat peluang. Dari sinilah perjalanan Steve Jobs beserta Steve Wozniak sebagai pendiri Apple dimulai. Dari susahnya mereka memulai usaha komputer berkeyboard hingga komputer GUI. Dalam film ini disinggung pula kasus Microsoft yang ternyata mencuri software Apple yang merupakan cikal bakal perseteruan antara Jobs dengan Gates.

Terlepas dari apakah film ini memang benar-benar menggambarkan kehidupan Steve Jobs atau tidak, ane lebih cenderung mengaitkan inti film dengan materi pelajaran yang ane dapat baik di SMK (dari sudut pandang teknologi) dan juga perkuliahan (Ekonomi Bisnis). Satu hal yang ane puji dari film ini adalah karakter Steve Jobs yang dimainkan apik oleh Ashton Kutcher. Selain itu tidak ada yang bisa diunggulkan dari film arahan sutradara Joshua Michael Stern ini. Sehingga memang tidak salah kalau film biografi orang ternama ini tidak begitu laris di pasaran.

Jadi, kalau ingin tahu lebih dalam mengenai siapa Steve Jobs beserta lika-liku hidupnya, silahkan tonton film berdurasi 128 menit ini.

Plot★ ☆ ☆ ☆ ☆
Akting★ ★ ★ ★ ☆
Musik★ ★ ★ ☆ ☆
Grafis★ ★ ★ ☆ ☆
Overall★ ★ ½ ☆ ☆