Review Film : Thor - The Dark World

Setelah pertengahan April lalu kita dikejutkan dengan hadirnya Iron Man, kini superhero produksi Marvel kembali mengudara di bioskop-bioskop tanah air. Anak Dewa Petir ala Viking, Thor kembali beraksi setelah kemunculannya di Bumi pada 2012 lalu dalam film kolosal The Avengers. Apakah kemunculan Thor beserta kemewahan grafis dan magis bangsa Asgard mampu menggeser dominasi Iron Man di belantika perfilman superhero? Yuk, mari simak reviewnya.

Anggap saja masalah di New York (Avengers 2012) telah beres dan teserract telah aman di Asgard, nyatanya kerusuhan masih terjadi dimana-mana. Terutama di sembilan alam yang perdamaiannya dipelihara oleh suku bangsa Thor (Chris Hemsworth), Asgard. Kasus perang sipil dan antarsuku telah beres, tapi masalah lain menyusul. Rupanya peri hitam yang dikalahkan bangsa Asgard terdahulu masih mencari sumber kekuatan jahat selain Teserract yang tak bisa dihancurkan, Aether. Aether inilah yang membawa kembali Jane Foster (Natalie Portman) bertemu lagi dengan lelaki gagah berambut pirang dari luar angkasa, Thor. Diketemukannya Aether oleh Jane menimbulkan masalah dan kerusakan baru serta membuat Thor juga harus berusaha percaya pada adik adopsinya, Loki (Tom Hiddlestone).

Menonton Thor seperti menonton Man of Steel, setting serta appearance bisa dibilang sebelas dua belas. Meski terlihat megah dan termasuk film blockbuster pula, Thor belum bisa dibilang memenuhi ekspektasi penggemar Marvel. Memang grafis keren begitu pula rentetan adegan awal yang terbilang cukup mengejutkan, tapi itu masih kurang melegakan dahaga akan ajaibnya superhero Marvel. Apalagi basis cerita terkesan condong ke love interest Thor, kurang penting. Akan tetapi kekurangan-kekurangan ini ditebus di bagian akhir dan kepribadian Loki yang susah ditebak. Penonton akan bertanya-tanya apa maksud dari tindakan Loki sepanjang film ini. Teka-teki yang sengaja di munculkan di bagian akhir kurang lebih menjadi jembatan antara Thor dengan megaproyek Marvel selanjutnya seperti Avengers 2.

Plot★ ★ ★ ☆ ☆
Akting★ ★ ★ ☆ ☆
Musik★ ★ ★ ☆ ☆
Grafis★ ★ ★ ★ ☆
Overall★ ★ ★ ☆ ☆