Review Film : Cloudy With a Chance of Meatballs 2 [2013]

Masih ingat dengan hujan makanan akibat mesin pencipta makanan milik Flint Lockwood (Bill Hader)? Kalau masih ingat bencana makanan tersebut maka hadirlah sekuel untuk film garapan Columbia Pictures ini. Di sekuel kedua ini ternyata FLSDMFR tak semerta-merta meledak seperti yang dikisahkan di film pertama. FLSDMFR masih hidup dan masih mampu memproduksi makanan dari hidrogen. Namun masalah menjadi semakin kompleks karena makanan yang lahir dari FLSDMFR bermutasi menjadi makhluk hidup.


Dikisahkan bahwa Flint memiliki seorang tokoh idola yakni seorang ilmuwan terkenal yang memotivasi Flint untuk menjadi inventor seperti saat ini, Chester V (Will Forte). Usai bencana yang terjadi di Swallow Falls rupanya Chester V ingin membersihkan sisa-sisa makanan akibat perbuatan Flint untuk itu Chester V mengirim penduduk Swallow Falls, termasuk Flint dkk, ke San Franjose California. Di sana Flint sekaligus ditawari untuk menjadi bagian dari perusahaan penemuan terhebat milik Chester, LiveCorp. Usut punya usut bukannya memang tertarik pada potensi Flint Lockwood, Chester V alih-alih menggunakan Flint untuk memuluskan rencana jahatnya.

Lantas mampukah Flint menyelamatkan kawan-kawan dan Swallow Falls lagi?

Sekuel Cloudy With a Chance of Meatball ini bisa ane bilang lebih bagus dari cerita originalnya. Basis cerita lebih kuat dan fokus, tokoh antagonis memainkan peran dengan bagus dan gimmick yang oke. Dalam satu cerita besar terdapat banyak muatan moral yang dikandung oleh sekuel film makanan raksasa ini. Terdapat pula side story yang menjadi jembatan tokoh utama dengan tokoh pendukung. Kehadiran mutan-mutan imut pun membuat film ini menjadi lebih lovable. Selain itu film ini tidak membosankan sejak awal hingga akhir, penampilan konflik masalah juga dikemas dengan baik meski sebenarnya terdengar klise dan mudah ditebak. Komedi yang disisipkan pun turut membuat penonton terbahak-bahak meski gaya karakter terlihat berlebihan.  Pokoknya film kedua ini lebih bagus dari yang pertama.

Plot★ ★ ★ ★ ☆
Akting★ ★ ★ ☆ ☆
Musik★ ★ ★ ☆ ☆
Grafis★ ★ ★ ☆ ☆
Overall★ ★ ★ ☆ ☆