Review Film : Se7en [1995]

Pernah mendengar istilah tujuh dosa mematikan? Hal itulah yang mendasari pembuatan film ini. Seperti judulnya, ada tujuh dosa yang dipercaya khalayak sangat berbahaya dan mematikan. Keserakahan, kesombongan, kerakusan, nafsu, amarah, kedengkian, dan yang terakhir kemalasan. Dalam film ini pula aktor besar Hollywood beradu akting dengan veteran Hollywood, Brad Pitt featuring Morgan Freeman.

David Mills (Brad Pitt) dipindah tugaskan untuk menemani Detektif Somerset (Morgan Freeman) yang sebentar lagi akan pensiun. Begitu Mills datang, kasus pembunuhan janggal mulai terjadi tanpa sebab. Korban pertama adalah seorang pria gemuk yang tak memiliki rekaman kriminal atau memiliki riwayat yang menimbulkan dendam dari pihak manapun. Pria gemuk ini meninggal karena terlalu banyak melahap spaghetti siap saji, kedua tangannya dan kakinya terikat. Jika kita sudah memahami maksud film ini bahkan sebelum menontonnya pasti kita akan langsung berpikir bahwa pria yang terbunuh ini memiliki dosa kerakusan (gluttony).

Namun kematian pria tersebut hanya awal, Somerset dan Mills mencoba mencari tahu siapa dalang di balik pembunuhan ini dan berusaha pula mencegah pembunuhan selanjutnya yang mungkin terjadi. Kembali lagi pada kalimat pembuka, ada tujuh dosa mematikan sehingga pembunuhan tak akan berhenti hanya pada dosa Gluttony saja.

Film ini super duper keren, ketegangan yang dijaga rapi, rasa penasaran akan dalang psikopat yang tega membunuh orang tak bersalah begitu keji, kelarutan dalam pembawaan emosi yang melingkupi Mills. Dan bahkan meski kita dapat menebak-nebak apa yang akan terjadi pada Mills, tebakan itu juga masih saja salah. Kejutan juga datang dari orang yang tampak lugu dan alim ternyata dia adalah psikopat jahanam yang tega mencabut nyawa orang-orang yang dianggapnya berdosa.

Plot★ ★ ★ ★ ☆
Akting★ ★ ★ ★ ☆
Musik★ ★ ★ ☆ ☆
Grafis★ ★ ★ ☆ ☆
Overall★ ★ ★ ★ ½