Review Film : American Hustle [2013]

Memasang nama-nama aktor dan aktris Hollywood yang tengah naik daun merupakan strategi David O. Russell tersendiri untuk menarik penonton serta juri kompetisi perfilman bergengsi, Oscar dan Golden Globe. Tak ayal, deretan pemeran utama dan pemeran pembantu pun masuk dalam nominasi seperti Christian Bale dan Amy Adams yang masuk nominasi pemeran utama terbaik serta Hollywood darling, Jennifer Lawrence yang masuk kategori pemeran pembantu terbaik dan bersaing ketat dengan Lupita Nyong'o. Well, berhenti mengomentari deretan gemilang nama besar aktor dan aktris yang dipajang di film ini. Mari kita simak seberapa layak American Hustle masuk jajaran nominasi Oscar.


Irving Rosenfeld (Christian Bale), pria paruh baya berkepala botak dan berperut buncit memiliki pekerjaan aneh dan lebih tepat dikatakan sebagai pekerjaan tidak halal, menipu. Irving adalah sosok survivor dari kejamnya kemiskinan dan merupakan produk sukses seorang yang mampu bertahan hidup dalam kesulitan. Sama halnya dengan Sydney Prosser aka Edith Greensly (Amy Adams), oleh karenanya mereka berdua dipertemukan dan jatuh cinta. Sesederhana itu premis film besutan sutradara Silver Linings Playbook ini.

Masalah menjadi kian kompleks begitu Richard DiMaso (Bradley Cooper), seorang agen federal gila prestasi, masuk ke dalam kehidupan romansa Irving dan Edith. Suatu ketika usaha penipuan yang dilakukan oleh pasangan survivor ini berhasil dibongkar oleh si kriting Richie dan akhirnya mereka diharuskan tunduk di bawah komando Richie. Obsesi Richie mudah, menangkap koruptor kelas teri yang menyeret mereka untuk menangkap koruptor kelas kakap. Namun, keterlibatan Carmine Polito (Jeremy Renner) yang inosen dan juga istri muda labil Irving, Rosalyn (Jennifer Lawrence) semakin membuat keadaan runyam. Kini, Irving dan Sydney diharuskan berjuang menghadapi permainan seorang agen federal dan mengembalikan kebahagiaan yang sempat direnggut dari mereka.

Basis cerita sebenarnya sederhana dan mudah ditebak, akan tetapi tetap saja David O. Russell menyajikan ending tricky yang alamiah dan menjadi penutup film yang manis. Konflik yang disajikan pun justru terkesan mengambang dan tidak menghantam klimaks yang super wah. Meski begitu American Hustle tetaplah film yang nyaman dinikmati. Belum lagi akting Jennifer Lawrence yang kian hari kian matang sehingga akting pemeran utama wanita Amy Adams malah tertutupi. Persaingan akting antara dua aktor Christian Bale dan Bradley Cooper pun cukup sengit, keduanya mampu menghadirkan emosi yang pas dalam adegan yang mereka bawakan. David O. Russell pun menghadirkan sosok Robert DeNiro untuk menambah kesan kental Oscar dan mengulang kesuksesannya tahun lalu berkat Silver Linings Playbook, sayangnya American Hustle tak meraih Oscar tahun ini. Tatanan kostum American Hustle rupanya juga telah diperhitungan dengan apik sehingga penonton dimanjakan oleh keanggunan fashion tahun 1960an. Shortly, this movie was good!

Plot★ ★ ★ ☆ ☆
Akting★ ★ ★ ★ ☆
Musik★ ★ ★ ☆ ☆
Grafis★ ★ ★ ★ ☆
Overall★ ★ ★ ★ ☆