Cuma Pengen Cerita - Trip to Goa Cina

Goa Cina Beach - East Java, Indonesia


Alkisah Hari Sabtu 10 Mei 2014 kemarin ane bersama teman-teman kuliahan ane pergi melancong melepas penat dan beban setelah UAS ke sebuah pantai di ujung Selatan Kota Malang. Awalnya kami tidak berencana ke pantai dikarenakan salah seorang teman kami mengatakan bahwa dirinya akan pergi ke Gunung Semeru untuk observasi dan survey pendakian. Finally, we did it. Teman saya batal pergi ke Semeru dan ane langsung dihubungi Tiko untuk berkunjung ke Goa Cina.

Yeah, usai diberitahu lewat messenger sebetulnya kami tidak langsung berangkat ke pantai tujuan. Kami merundingkan terlebih dahulu ingin menjejakkan kaki di pasir pantai mana. Balekambang kah? Yang lebih dekat dengan rumah salah seorang host kami, Nois. Atau Clungup kah? Pantai perawan yang satupun dari kami tidak tahu arah jalan ke sana. Akhirnya, dengan beberapa pertimbangan dan cukup nyelentang kami memilih jujugan Goa Cina.

Goa Cina Beach - East Java, Indonesia
Pantai Goa Cina adalah pantai berombak besar dan memiliki sebongkah pulau dekat dengan pantainya. Pantai Goa Cina ini terletak di Sumbermanjing Wetan, bertolak belakang dengan Pantai Balekambang. Well, perjalanan menuju Goa Cina cukup jauh dan melelahkan. Dari Malang, atau lebih tepatnya dari daerah Bendungan Sutami (tempat kami berangkat) perjalanan ke Goa Cina sendiri memakan waktu sekitar 2.5 jam. Kami berangkat pukul 11 siang dan sampai di sana jam setengah 2 siang, melelahkan!

Jalan ke Goa Cina sendiri sebenarnya bukan jalan yang sulit. Jalanan beraspal mulus hingga mulut wana wisata. Jalan berkelok berliku dan naik turun malah membuat perjalanan kami tidak terasa seperti jalan menuju pantai akan tetapi menuju gunung. Oh ya, arah menuju Goa Cina sama dengan arah menuju Pantai Sendang Biru. Jadi, kalau pembaca takut kesasar baca saja palang petunjuk jalan yang menunjuk ke mana arah pantai Sendang Biru.


Sebelum Goa Cina, ada juga pantai Tamban yang kami lewati di beberapa puluh kilo sebelum kami menyentuh petunjuk jalan Goa Cina. Nah, setelah bertemu dengan petunjuk jalan Goa Cina dan Sendang Biru, barulah pembaca memilih arah ke Goa Cina (notabene lurus). Usai menuruti petunjuk jalan yang mengomando rombongan kami untuk memilih jalan lurus selama beberapa kilo lagi, akhirnya kami menemukan papan tanda "WANA WISATA GOA CINA". Taraaa! Akhirnya sampai juga. Usai sampai, silahkan belok kiri dan rasakan sensasi jalan bergeronjal lebih dari 500 meter dan Anda akan sampai di Goa Cina.
Tersapu Ombak

Ombak Besar Goa Cina

Yaa Begitulah

Psst, jangan harap Anda melihat laut sepanjang perjalanan menuju Goa Cina. Selama perjalanan kita akan disuguhi pemandangan perbukitan dan hutan-hutan. Jadi, nikmati perjalanan Anda ke Goa Cina. Selamat berlibur!!!