Rooting dan Install Google PlayStore di Nokia X

Pabrikan seluler besar dari Finlandia, Nokia akhirnya mengalah pada pasar Android. Dengan diluncurkannya Nokia X family, Nokia kini turut bersaing dalam komoditas smartphone android. Untungnya, Nokia adalah pabrikan besar yang terkenal indestructible dan affordable baik bagi warga dunia ketiga serta Indonesia pada khususnya. Menjamurnya sistem operasi mobile berbasis android di Indonesiapun merupakan segmen pasar yang menjanjikan bagi Nokia yang beberapa tahun terakhir tak lagi menonjol di dunia mobile device.
Nokia X dan Nokia XL

Hadirnya Nokia X seolah menjadi pencerah bagi pecinta gadget awet dan terjangkau ala Nokia dan juga android geek. Nokia X yang masuk sekitar bulan Maret lalu di Indonesia dibanderol dengan harga Rp 1.600.000 diminati banyak android user, perlahan tapi pasti beberapa android user beralih ke Nokia X. Kakak Nokia X yang dibekali spesifikasi lebih unggul, Nokia XL diramalkan akan meluncur di pasar android Indonesia sekita bulan Juli dengan harga masih di bawah Rp 2.000.000. Sayangnya, Nokia X family memodifikasi sistem operasi android ekstrim dan tidak menyediakan Google standard apps (Hangouts, Google Playstore, Gmail, Maps etc). Oleh sebab itu, postingan ini turun untuk membantu Nokia X family user memodifikasi device agar dapat mengakses PlayStore tanpa harus mengunduh APK (Android Package) di 3rd party apps.

Rooting Nokia X
Ada beberapa metode untuk melakukan rooting di Nokia X. Tingkat kesulitan masing-masing metode sebenarnya setara alias masing-masing metode bisa dibilang cukup mudah dilakukan. Nah oleh karena itu simak metode rooting Nokia X berikut.

Metode 1
  1. Selalu ingat untuk mencentang USB Debugging pada Developer Option agar kita dapat melakukan modifikasi terhadap device. (Settings - Developer Option [Aktifkan Dahulu] - USB Debugging [Centang dan Aktifkan]). Note : Apabila ada warning box, pilih OK saja
  2. Setelah itu siapkan amunisi yang diperlukan, yang pertama ada Framaroot yang bisa diunduh di sini. Salin Framaroot.apk tersebut ke perangkat Nokia X kamu. Note : untuk memasang Framaroot.apk di perangkat Nokia X, cek ASTRO File Manager.
  3. Setelah Framaroot.apk terinstall, maka sekarang waktunya menjalankan apps tersebut untuk menginstall SuperSU. Caranya adalah dengan memilih Gandalf pada dropdown exploit di Framaroot yang telah diinstall. Usai itu, akan muncul pop up instalasi sukses. Note : akan muncul beberapa pop up, yang biasanya terjadi adalah ERROR karena exploit tidak lagi kompatibel dengan versi software. Hal ini biasanya disebabkan oleh upgrading software dari versi 10 ke versi 11.
Activate USB Debugging

Framaroot Successful Pop-Up

Metode pertama ini cocok digunakan untuk platform software versi 10.0.3, sedangkan apabila kamu telah mengupgrade softwaremu ke versi 11.1.1 gunakan metode di bawah ini.

Metode 2
  1. Install Nokia composite ADB Interface dan KingRoot.exe di komputer kamu agar Nokia X kamu terdeteksi oleh PC/Laptop kamu. Download di sini.
  2. Setelah mengunduh device driver Nokia tersebut. Pastikan kamu membuka device manager ( Control Panel - Hardware and Sound - Devices and Printers - Device Manager ). Note : Pastikan bahwa device Nokia X belum dikenali (biasanya terdapat tanda tanya warna kuning).
  3. Setelah itu, klik kanan icon device Nokia (yang bertanda kuning) kemudian pilih upgrade software. Browse file driver yang telah kamu unduh di langkah pertama.
  4. Sekarang device Nokia X kamu telah terdeteksi oleh PC/Laptopmu. Next, buka folder KingRoot dan jalankan file executable nya. Note : hubungkan terlebih dahulu perangkat Nokia X dengan Laptop/PC kamu.
  5. Setelah menjalankan KingRoot, nantinya KingRoot akan mendeteksi apakah perangkat Nokia telah terhubung atau belum. Apabila telah terhubung pilih saja ROOT dan apabila muncul warning box pilih OK saja. Note : Jangan sekali-kali mencabut Nokia X yang sedang dalam proses root, apabila dilakukan maka perangkat akan mengalami brick alias tidak bisa menyala.
KingRoot User Interface
Masalah yang biasanya ditemui ketika melakukan metode Root ini adalah peringatan bahwa terdapat dua emulator atau lebih, hal ini berarti kamu menginstall BlueStacks di PC/Laptop kamu. Jika memang ada BlueStacks atau android emulator lainnya saya sarankan untuk QUIT atau lebih baik diuninstall saja dulu. Problem kedua, akan muncul warning "CONNECTION UNSTABLE" ketika rooting Nokia X lewat KingRoot. Jika peringatan ini muncul, gunakan metode ketiga berikut.

Metode 3
  1. Amunisi yang perlu disiapkan adalah NOKIA X TOOLKIT yang dapat diunduh di sini.
  2. Penggunaan Nokia X Toolkit cukup mudah, setelah mengoneksikan device dan mengaktifkan USB Debugging, klik file run.bat pada folder Nokia X Toolkit yang telah diunduh.
  3. Pilih saja menu [9] lalu enter untuk melakukan rooting pada Nokia X di aplikasi Nokia X Toolkit tersebut.
  4. Ketika perangkat Nokia X telah melakukan reboot, lakukan langkah instalasi Nokia_X_GApps-signatured.zip via Clockworkmod. Note : Usai instalasi nantinya perangkat akan reboot, tapi Google PlayStore belum terinstall.
  5. Ulangi lagi langkah nomor (3) dan (4) bedanya, kali ini pilih menu [12] untuk melakukan instalasi Google PlayStore dkk.

Untuk lebih jelas silahkan tonton video berikut :

Caranya mudah kok, asal pembaca mengikuti langkah-langkah yang telah diterapkan. Selamat mengutak-atik Nokia X! Dan nikmati layanan Google PlayStore!!!

Sumber :

  • [TOOL] XDA Developer Nokia X Toolkit here
  • [GUIDE] XDA Developer Rooting Nokia X here
  • Rooting Nokia X with KingRoot and Framaroot here