10 Drama Korea Paling Recommended

 "I don't always watch K-Drama, when I do I'll spend 24 hours watching it"
Pada tulisan kali ini, akan diulas 10 drama Korea terbaik versi penulis (ingat segala macam ulasan bersifat subjektif dan tergantung selera masing-masing). Sebenarnya penulis juga bukan penggemar K-Drama kelas berat dan penulis cenderung selektif memilih drama yang akan ditonton. Faktor utama yang menjadi pertimbangan penulis adalah SIAPAKAH ARTISNYA? Setelah tahu artisnya, baru penulis melihat faktor lain, seperti apa sinopsisnya, siapa pengisi soundtracknya dan faktor pendukung lainnya. Lagipula artis jagoan penulis sudah dapat dipastikan akan membintangi drama yang bagus pula kan? Contohnya saja Gong Hyo Jin, Lee Seung Gi, dan Kim Soo Hyun. Yuk, daripada kalian membaca mukaddimah yang panjang lebar mending langsung ke ulasan saja.
  1. It's Okay It's Love
  2. Nomor satu dihuni oleh drama thaun 2014 yang dibintangi oleh aktor papan atas Jo In Sung bersama dengan Gong Hyo Jin sebagai lawan mainnya. Alasan utama meletakkan drama ini di peringkat pertama adalah isu tak biasa yang diangkat menjadi cerita utama drama ini, penyakit psikologis. Alasan kedua adalah drama ini merupakan drama debutan Do Kyungsoo sekaligus drama yang mengantarkannya menjadi aktor pemula (rookie) yang diakui dan hebatnya mendapatkan penghargaan namanya juga bias, turuti ajalah. Awalnya penulis pikir drama ini hanya membahas melulu tentang seks eh malah muatannya bukan seks tapi penyakit psikologis. Tokoh yang tak biasa, plot yang tak biasa dan akting yang luar biasa dari masing-masing pemeran membuat drama ini pantas meraih peringkat teratas drama favorit yang direkomendasikan penulis. Selain faktor teknis, soundtrack drama ini juga enak didengar. Favorit deh pokoknya.
  3. Dream High
  4. Di Peringkat kedua ada Dream High yang dibintangi oleh para idol Korea, Dream High pertama bukan Dream High 2 yang menurut penulis menurunkan pasaran drama musikal. Drama ini membuktikan bahwa idol tak selamanya tak berbakat. Buktinya Suzy, Taecyeon, IU dan Wooyoung mampu mengeksplorasi bakat akting mereka dengan apik. Berkat drama ini pula wawasan penulis mengenai dunia perK-popan semakin meningkat. Berkat drama ini pula penulis menemukan permata berharga yang ganteng sekali sebelum dia terkenal, Kim Soo Hyun. Katakanlah penulis hipster, berkat drama ini Kim Soo Hyun diakui di dunia per-drama-an Korea. Secara plot sebenarnya cerita cukup mainstream dan cenderung bisa ditebak namun Dream High benar-benar mampu menghadirkan plot yang fokus dan kuat. Belum lagi karakter yang mendukung plot dengan kuat. Sama seperti peringkat pertama, soundtrack drama ini juga enak didengar. Tak salah bukan meletakkannya sebagai peringkat kedua K-drama recommended?
  5. You Who Came From The Stars
  6. Alasan utama drama ini bertengger di peringkat ketiga drama paling recommended adalah karena aktor pria utamanya Kim Soo Hyun, sesederhana itu. Dari segi cerita, drama ini cenderung ngayal dan komedi banget. Formula drama juga mainstream, cinta segi empat, dari benci jadi cinta, lalu si kekasih menghilang, udah gitu doang. Berhubung pemeran utama adalah Kim Soo Hyun ,yang sudah dapat dipastikan aktingnya ciamik, bergandengan dengan Jun Ji Hyun, aktris kawakan negeri Ginseng, drama ini cukup sukses menyedot perhatian. Beruntungnya drama ini juga tertolong oleh soundtrack yang bagus hingga mampu memenangi penghargaan.
  7. Pasta
  8. Lagi-lagi drama Gong Hyo Jin. Jujur saja penulis lambat laun ngefans dengan aktris berusia 30-an itu karena perannya yang anti-mainstream begitupun sense of fashionnya di setiap drama yang dia bintangi. Untuk drama ini pun, Gong Hyo Jin berperan sebagai seorang asisten dapur yang berusaha mendapatkan pekerjaan tetap dengan menjadi koki bukan chef. Alasan utama drama ini menjadi drama favorit penulis adalah karena ini drama tentang makanan dan penulis suka makan, apalagi pasta. Selain itu, aktor utama yang diperankan oleh Lee Sun Kyun menarik perhatian penulis. Si Chef sungguh arogan sekaligus adorable, Lee Sunkyun mampu membawakan karakter Chef dengan sangat baik. Plot cerita juga cukup berbeda dengan drama kebanyakan meski formula yang digunakan tetap sama, cinta segiempat.
  9. Pinocchio
  10. Awalnya penulis bahkan tak memiliki niat sedikitpun untuk menonton drama yang dibintangi oleh Lee Jong Suk dan Park Shin Hye ini. Sekalinya nonton eh malah keterusan. Plot drama ini bisa dibilang bagus bahkan drama ini merupakan drama yang menampilkan plot twist. Setiap episode juga menghadirkan kejutan dan ketegangan yang membuat penonton tak bosan. Akting Lee Jong Suk juga meyakinkan pada drama ini, sayangnya soundtracknya tidak terlalu memorable untuk didengarkan.
  11. You're All Surrounded
  12. Nah, di peringkat berikutnya hadir drama yang memasang tokoh utama Lee Seung Gi, dia merupakan salah satu aktor favorit penulis dan jaminan drama yang dibintanginya selalu bagus. Dengan latar belakang kriminal, drama ini sejenis dengan Pinocchio (hanya saja Pinocchio mengangkat tema jurnalistik). Drama ini juga menghadirkan plot twist. Tak hanya Lee Seung Gi sebenarnya yang membuat drama ini recommended untuk ditonton, akting dari Cha Seung Won yang meyakinkan juga menambah kekuatan drama. Sayangnya aktris yang menjadi pasangan Lee Seung Gi, Go Ara kemampuan aktingnya agak payah dalam drama ini sehingga menjadi handicap tersendiri. Gakpapa, yang penting dramanya bagus dan seru.
  13. Master's Sun
  14. Drama ini merupakan drama ketiga Gong Hyo Jin yang penulis rekomendasikan sekaligus menjadi favorit penulis. Master's Sun juga mengangkat tema yang tidak umum yakni kekuatan supranatural yah meski kemasannya cukup kocak. Dalam drama ini Gong Hyo Jin mampu menghadirkan karakter Tae Gong Shil dengan apik, Gong Hyo Jin pantas mendapatkan gelar aktris terbaik berkat pendalamannya di masing-masing karakter yang ia perankan, eksentrik, unik, dan total. Namun dari ketiga drama Gong Hyo Jin yang disebutkan penulis, ketiganya memiliki kesamaan yakni pemeran prianya kasar dan cenderung mem-bully Gong Hyo Jin. Sebenarnya plot drama ini sederhana sekali dan tidak bersambung tiap episode. Setiap episode menghadirkan petualangan baru, benang merah drama ini hanya disinggung sedikit dan berakhir agak kurang logis di bagian akhir. Drama sebanyak 17 episode ini juga terkesan agak dipanjang-panjangkan. Sebetulnya Pasta juga termasuk drama yang agak dipanjangkan karena ratingnya bagus, akan tetapi pada drama ini jatuhnya ekstensi cerita justru memperlemah inti cerita drama karena penyampaian yang kurang logis dan menarik.
  15. Gu Family Book
  16. Drama ini merupakan drama terpanjang yang direkomendasikan penulis, kurang lebih terdapat 22 atau 25 episode (kalau tidak salah). Dan ini merupakan satu-satunya drama kolosal yang mampu menjadi tontonan favorit penulis. Penulis cenderung tak menyukai drama kolosal karena jatuhnya membosankan, begitupun 3 episode awal drama ini. Alasan utama penulis menonton drama ini hanyalah karena Lee Seung Gi dan Bae Suzy. Plot yang dikandung drama ini juga sederhana namun drama ini termasuk dalam drama yang cukup serius, jarang sekali terdapat lawakan pada dialognya. Yang menjadi kekuatan drama ini adalah pemeran antagonis yang betul-betul mengesalkan, akting Suzy juga mengalami peningkatan pada drama ini.
  17. My Girlfriend is a Gumiho
  18. Drama ini merupakan drama romantis sederhana yang mengangkat tema siluman. Alasan mengapa drama ini recommended adalah karena Shi Min Ah yang memerankan Gumiho imut sekali. Plot drama ini didukung oleh kekuatan ketulusan cinta #tsaaaah. Lee Seung Gi juga cenderung kocak dalam drama ini. Konflik drama ini juga biasa saja sebenarnya namun tetap saja drama ini tak boleh dilewatkan. Pssttt~ soundtrack drama ini juga enak didengar lo.
  19. Naughty Kiss
  20. Di peringkat terakhir ada drama yang dibintangi oleh bang Kim Hyun Joong yang manis dan lucu. Drama ini sendiri merupakan drama adaptasi dari drama Jepang favorit penulis di masa kecil, Itazura Na Kiss (artinya sama sih). Bukan Korea namanya kalau dramanya tak lebih bagus dari J-Drama. Meski sejujurnya Itazura Na Kiss lebih lucu dan manis, tetap saja dengan memasang aktor dan aktris yang lebih ganteng dramanya akan menjadi lebih sedap untuk ditonton bukan? Hal yang cukup mengecewakan dari adaptasi ini adalah bagian akhir yang diperpanjang sehingga kurang sesuai dengan cerita Itazura Na Kiss. Tak ada masalah yang berarti namun yah sebagai orang yang suka membandingkan akan menjadi masalah tersendiri heheheh.
Sebenarnya terdapat begitu banyak drama Korea yang bisa lebih bagus daripada ulasan penulis ini. Penulis sendiri juga belum mengikutsertakan Hello Monster (I Remember You) yang dibintangi oleh Seo In Guk dan Jang Nara dengan cameo Do Kyungsoo sebagai seorang psikopat karena penulis belum menonton dramanya secara penuh. Penulis juga belum menonton The Producer yang bahkan dibintangi oleh dua artis favorit penulis sekaligus, Kim Soo Hyun dan Gong Hyo Jin. Mungkin beberapa waktu ke depan, apabila ada drama baru yang lebih bagus dari 10 di atas, penulis akan berubah pikiran dan memberikan pembaca rekomendasi lagi. Akhirul kata, peringkat drama di atas murni subjektifitas dengan sedikit objektifitas penulis. Itulah 10 drama Korea yang penulis paling rekomendasikan untuk ditonton, bagaimana dengan kalian?