Tips Blogging: Informatif, Kreatif, Kompetitif!


Well, dunia perblogging-an akhir-akhir ini memang tidak seramai beberapa tahun lalu. Apalagi ketika Raditya Dika menjadi terobosan bagi para blogger dengan menerbitkan buku KambinJantan ataaaauu ketika Google AdSense masih memberikan keuntungan menjanjikan (yah meski hingga saat ini Google AdSense tetap jalan dan bisnis SEO juga masih berjalan lancar). Hanya saja, fenomena akhir-akhir ini membuat dunia perblogging-an jarang dilirik lagi oleh netter karena tergusur eksistensi sosial media. Bahkan blogging kini tak lagi menggunakan media tulisan, melainkan video yang seringkali disebut Vlog. Meski demikian, di luar sana masih banyak juga orang-orang yang tertarik untuk ngeblog, sekedar iseng menulis atau memulai perjalanan sebagai blogger. Berhubung saya telah menjadi blogger gak terkenal selama kurang lebih sebelas atau sepuluh tahun, maka saya akan berbagi ilmu di sini meski ilmu itu juga tidak saya amalkan hehehe.

Ngeblog itu sebenarnya sangat mudah dan GRATIS!! Kalian hanya perlu sign up di portal blog gratis seperti WordPress (yang seringkali digunakan dan mudah katanya, padahal menurut saya lebih susah menggunakan WordPress daripada Blogger), Blogger/Blogspot, Tumblr, BlogDetik, dsb. Setelah mendaftar kalian bisa menuangkan apapun yang ada di kepala kalian. Meski terlihat mudah dan "seenaknya" ternyata dalam menuliskan buah pikiran kita di internet butuh beberapa norma tak tertulis loo. Usai membuat akun blog, kita harus menentukan tujuan kita ngeblog. Kenapa kita ngeblog? Sebagai diari online kah? Sebagai alat penyuara idealisme kita kah? Sebagai tempat jualan kah? atau Sebagai batu loncatan untuk jadi selebnet kah? Tentukan tujuan kalian lalu intip tips-tips berikut:
  1. Konsisten
  2. Konsisten menulis dan konsisten mengangkat topik yang sama. Konsisten menulis maksudnya adalah selalu hadirkan tulisan baru, setidaknya satu bulan sekali. Jangan biarkan blogmu menganggur terlalu lama karena begitu seseorang mengunjungi blogmu, mereka akan terus mencari tulisanmu yang menarik untuk dibaca. Selain itu, rajin menulis juga akan memperluas cakrawala berpikirmu, Mengapa? Ketika menulis, sadar atau tidak, kamu juga membutuhkan bacaan sebagai referensi untuk memperkaya tulisanmu. Usahakan selalu konsisten menulis tulisan baru setiap harinya, kalau tidak bisa setiap minggu, kalau tidak bisa ya satu bulan sekali. Asal jangan satu tahun sekali. 
    Konsisten dengan topik dan ini tidak penulis lakukan hahahaha. Well, beberapa tips blogger yang penulis kutip dari internet menjelaskan hal demikian. Jika tujuanmu mendapatkan AdSense, konsistensi topik akan menjadi salah satu penilaian. Tulis saja apa yang menjadi hobimu, otomotif atau game misalnya. Biasanya blog dengan isi topik konsisten akan lebih mudah terindeks Google dan meraih popularitas yang mencukupi tak seperti blog ini yang berisi postingan random. Contoh blog yang memiliki postingan dengan topik konsisten dan populer adalah: DianaRikasari dan KaosKakiBau.
  3. Sederhana
  4. Buatlah tampilan blogmu sesederhana mungkin. Sederhana bukan berarti tak menarik lo. Hindari penggunaan JavaScript berlebihan karena semakin banyak kamu menghias blogmu, loading blogmu akan semakin lambat. Hal tersebut sangat menganggu bagi pengunjung yang kebetulan BlogWalking di blog kamu. Ada banyak lo template blog minimalis tapi menarik. Gunakan JavaScript seperlunya saja. Dan oh ya! Sebisa mungkin jangan pernah memasang audio/musik di blog kamu karena selera musik pengunjung tidak selalu sama dengan selera musikmu. Kalau kamu memaksakan memasang script musik, pengunjung akan jengah dan segera menutup tab blogmu kalau dia tidak terpaksa mengecek isi blogmu. Usahakan pula untuk selalu membuat postingan yang ringkas tapi padat. Yaa boleh-boleh saja sih membuat postingan panjang asal kamu menggunakan bahasa yang renyah dan membuat nyaman pengunjung blogmu seperti KaosKakiBau yang isi postingannya panjang-panjang dan berpart-part. Dia berhasil membuat pengunjung stay membaca postingannya karena dia memiliki selera humor tulis yang sangat bagus.
  5. Berikan Manfaat
  6. Usahakan sekali, meski kamu ngeblog hanya untuk menulis hobi atau menjadikan blogmu sebagai diary online, jadikanlah postingan blogmu bermanfaat bagi orang lain dengan kebenaran yang telah absah. Tentunya kamu engga mau kan kalau semua orang di internet tahu permasalahanmu di dunia nyata? Itu sudah termasuk privasi kan? Bukankah privasi lebih baik disimpan sendiri. Tidak ada yang melarangmu untuk curhat di blogmu sih, meski demikian masih ada orang yang akan berkunjung di blogmu dan tentunya kamu tak ingin masalahmu diketahui oleh seseorang yang tidak kamu kenal bukan? Siapkan saja topik-topik yang berisi informasi yang berguna bagi pembaca. Membantu orang lain lewat tulisan juga mendapatkan pahala loo.
    Pernah ada sebuah blog yang berisi tentang curhata si blogger, apalagi si blogger menjelek-jelekkan rekannya di sana. Dan kebetulan sekali korban yang dijelek-jelekkan dalam blog tersebut adalah aku hahahaha. Well, dia sudah membuka aibnya sendiri dengan postingan tersebut. Maksud hati ingin menjatuhkan aku, justru postingannya malah menjadi bumerang bagi dirinya sendiri. Dan sekedar mengingatkan saja, tulisan yang telah bereda di internet dapat dituntut dengan UU ITE lo, hati-hati saja kalu ingin menjelekkan seseorang tanpa disertai fakta yang kuat. Masalah sederhana seperti itu bisa berbuntut runyam. Oh ya, kembali lagi ke asas manfaat usahakan segala informasi yang kamu berikan di blogmu memiliki sumber yang faktual dan kalau mengutip atau mengcopy sertakan juga sumbernya. Tentu saja kamu tak ingin disebut plagiat kan?
  7. Kreatif
  8. Seperti yang telah dijelaskan oleh Diana Rikasari dalam channel YouTubenya, kamu harus KREATIF. Membuat postingan kreatif itu mudah kok, nantinya kamu akan dapat gelar creative writer hehehe. Dimulai dari membaca dahulu lalu menyerap informasi, kamu bisa mengangkat tema yang sama akan tetapi kamu pasti memiliki bahasamu sendiri untuk menyampaikan sebuah informasi yang kamu dapat lewat blogmu. Atau kamu bisa memposting hal-hal yang belum pernah diposting oleh orang lain. Kreatif juga berarti kamu harus bisa menyajikan tampilan menarik pada blogmu akan tetapi tetap sederhana dan mudah diakses oleh siapapun.
  9. Kompetitif
  10. Tahukah kamu bahwa rejeki juga bisa berasal dari sekedar postingan blog? Itulah yang dimaksud dengan tulisan kompetitif. Tulisan yang berbeda dan lebih menarik untuk dibaca ketimbang tulisan lain yang sejenis. Semakin banyak orang yang berkunjung ke blogmu, semakin besar kesempatanmu untuk mengajukan Google AdSense dengan bermain SEO. Ataaaauuu kamu bisa menyubmit ide kamu di sebuah lomba blog skala nasional atau lokal. Semakin banyak kamu berlatih menulis di blog maka tulisanmu akan semakin berkualitas dan memiliki kesempatan memenangi kompetisi blog yang semakin besar. Jadi, jangan ragu lagi untuk memulai blogging dan menghasilkan tulisan bagus, informatif, kreatif, dan kompetitif. Semua orang di dunia ini bisa menulis, hanya saja diperlukan latihan yang lebih banyak bagi mereka yang ingin bermanfaat bagi orang lain.
Tidak usah banyak-banyak, 5 tips aja cukup untuk menjadi seorang blogger yang baik. Yuk, kita tingkatkan kesadaran untuk menulis blog dan mengurangi kebiasaan menulis nyiyir di sosial media. Berbagi ilmu di dunia maya merupakan hal yang paling mudah dan sederhana, masalahnya adalah apakah ilmu yang kita bagikan untuk dapat bermanfaat bagi sesama atau tidak? Wassalam!!