NCT U - Ketika Dedek Gemes Menyerang

WARNING!! Postingan ini mengandung 99% curhat dan 1% ketidakpentingan!!

Grup ini merupakan grup bentukan SM yang debut pada April 2016, NCT atau Neo Culture Technology. Bos besar SM, Lee Soo Man songsaengnim telah memperkenalkan konsep NCT yang memiliki unlimited member and forever development sejak Februari 2016 lalu lewat presentasi proker SM selama satu tahun ke depan. Dalam presentasi itu pula disebutkan visi SM untuk menjadi lebih interaktif dan mendobrak batasan geografi, demografi, dan budaya. That's why SM is really into art and EDM nowadays, berkaca dari single-single yang dirilis lewat project Station dan kerja sama SM yang semakin berkembang dengan produser, artis, atau agensi lain di tahun 2016 ini.

NCT sendiri nantinya akan dibagi ke dalam beberapa sub unit yang terbagi berdasarkan kondisi geografis, sub unit pertama yakni NCT U (beranggotakan Taeyong, Jaehyun, Taeil, Doyoung, Ten dan Mark) debut di Korea. Nantinya akan ada NCT S (yang mungkin debut di Cina atau Jepang, dengan member: Winwin dan Kun, yang juga sempat debut Cina bersama NCT U, serta prediksi Yuta, Johnny, dan Hansol). Konsep NCT ini sebenarnya bukan yang pertama di Asia namun bisa jadi yang pertama di Korea untuk konsep boy group. Secara sederhana, konsep NCT mirip dengan konsep AKB48. Keluarnya member dikenal sebagai graduate bukan lawsuit -berkaca dari kejadian lawsuit sejak 2010- dan member akan terus ditambahkan. Di Korea sebetulnya telah ada konsep serupa yakni After School dan Super Junior sebelum Kyuhyun masuk sebagai member. Meski demikian, konsep graduate sebelumnya tidak dibarengi dengan ekspansi grup ke negara-negara sebelah, seperti AKB48. NCT nantinya akan bertransformasi layaknya AKB48 versi Korea, lebih modern, lebih sedikit member, dan lebih interaktif.

Para member NCT (dan calon member) tentu saja sudah dikenal oleh Kpopers bahkan sebelum mereka debut karena mereka telah diperkenalkan lewat SMRookies. SMrookies sendiri dulunya sering mengisi acara-acara TV anak-anak seperti Mickey Mouse Club, sering menjadi cameo di acara senior mereka *uhuk* EXO:902014, bahkan mereka sudah memiliki showcase sendiri hingga ke Thailand lo, SMRookies show. Padahal mereka belum debut!! Tak heran, begitu mereka debut dan berganti nama menjadi NCT, mereka langsung dapat menjaring fans Noona yang begitu banyak whoaaaa~

Tentu saja NCT lebih banyak menjaring fans Noona karena mereka sendiri kebanyakan kelahiran 94 ke atas. Apalagi bagi penulis usia mereka itu usia yang lebih muda semua, sampai penulis sendiri kepikiran apa jadinya kalau penulis suka sama mereka yang seumuran dengan adik penulis tapi ternyata mereka mukanya seperti Oppa-Oppa? Jadi beginilah rasanya jatuh cinta dengan berondong. Berondong rasa Oppa-Oppa. Dengan usia yang masih sangat muda (maknae masih berusia 17 tahun) grup ini penulis prediksi akan menjadi grup besar dan potensial di masa mendatang. Tak heran kalau SM menggadang mereka sebagai penerus EXO karena konsep mereka sendiri juga terbentuk karena percobaan SM dengan EXO telah sukses.


Untuk penulis pribadi, sebetulnya dulunya tak ada ketertarikan untuk mengikuti SMRookies apalagi ketika mereka menjadi cameo di acara EXO:902014. Ternyata Rookies memang dipersiapkan sedemikian rupa oleh SM sehingga tentu saja performance mereka benar-benar powerful. Penulis baru mengikuti SMRookies ya sejak NCT debut. Mana mungkin kenal Jaehyun tanpa The 7th Sense bukan?

Sebetulnya penampilan SMRookies eh NCT sejak predebut sudah mencuri perhatian. Dance mereka enerjik, powerful, dan synchronized. Dari segi vokal ada Taeil dan Doyoung dengan suara yang indah (meski bisa dibilang masih kalah dari senior mereka tapi mereka cukup potensial). Yang membuat terkejut adalah kemampuan Rap member NCT, baik itu Taeyong, Mark, atau Ten. SM menghadirkan kejutan hebat di bidang hip-hop dan Rap karena baru kali ini artis SM bisa ngeRap sebagus itu *mianhae Chanyeol-ah, Minho-yah*

Selain bakat lagi-lagi visual lah yang dijual oleh SM dan itu yang membuat grup ini semakin lama semakin berpotensi. Apalagi Noona ini lemah terhadap kegantengan artis-artis SM *ugh, feels*. Bisa dibilang hampir semua member NCT memiliki visual yang indah (tapi tetap gak bisa ngalahin EXO yang isinya visual semua). Katakan saja Taeyong, yang sejak lahir wajahnya emang khayal. Mana mungkin seorang manusia punya proporsi wajah yang begitu rupawan? Mata besar, hidung lurus mancung, bibir tipis, rahang tegas. Singkatnya Taeyong ini karakter manga yang muncul ke dunia nyata. Belum lagi ada Jaehyun yang kulitnya putih bersih seperti susu, bibirnya yang tipis, dan matanya yang selalu bisa menebarkan kebahagiaan bagi para Noona seperti penulis *rolling in the tears*. Ada juga jagoan Jepang, idol SM pertama dari negeri tetangga, Nakamoto Yuta. Subhanallah senyumnya melemahkan iman Noona, that's why he's called HEALING SMILE YUTA. Lalu masih ada Kun, Winwin, Mark, Doyoung, Johnny, Ten dll. Geez SM! Why did you do this to me?


Tapi memang kadang ketika kita mulai menyukai sesuatu, apapun mengenai hal itu akan membahagiakan kita termasuk ngepoin aktivitas mereka bahkan sebelum mereka debut. Dan biasanya tahap ngefans itu dibagi seperti ini: Introduction (baru kenal, jadi masih menikmati lagu mereka) - Interested (mulai kepo info pribadi member dan menelusuri histori mereka sebelum debut) - Addict (mulai ngepoin video wawancara, berita, variety tentang grup tersebut) - Freak (tiap hari butuh dosis video, foto, variety, apapun sampai hal yang tidak penting sekalipun untuk dikonsumsi). Dan taraaaaaaa!! Penulis sudah berada di tahap freak *sad*.

Semakin lama ku terjerat semakin ku tak bisa lepas, hmmm ya sudah aku semakin tak sabar menunggu NCT S debut di bulan Juli nanti. Apakah dia bisa sama suksesnya seperti NCT U yang menggebrak Korea? Atau bahkan mereka lebih bagus? Dari sepenilaian penulis sendiri, NCT memang lebih dikonsep ke unique dan hip hop terbukti dari proporsi Rap yang lebih banyak daripada vokal, berbeda dengan tipikal grup SM yang mendewakan vokal. Tapi di segi performance, SM masih tetap nomor satu karena hampir semua grupnya menonjolkan performance yang keren abis untuk dinikmati. Belum lagi perkembangan MV SM yang semakin semakin tidak mengecewakan akhir-akhir ini. Well, kalau begini pun aku tak tahu kapan akan pensiun menjadi fangirl.