Drama Korea Recommended 2016

SIGNAL (2016) Drama Korea paling recommended 2016
Sama seperti setahun lalu, kali ini aku mau nulis tentang drama Korea recommended yang rilis pada tahun 2016. Sebenarnya penilaian ini agak-agak subjektif juga sih, karena selera orang kan emang beda-beda. Dan daftar yang aku tulis ini juga berdasarkan DRAMA YANG SUDAH AKU TONTON. Jadi bukan berdasarkan rating atau pendapat orang lain. Dan kemungkinan besar, drama-drama yang belum aku tonton engga masuk di sini.

Kalian yang kebetulan baca postingan ini, boleh banget kok mengkritik, menambahkan, atau memberi masukan tentang drama apa aja yang underrated tapi bagus dan drama overrated tapi jelek. Jadi enjoy aja dan kalau bisa kalau kalian kebetulan nemu postingan ini, HARAP DIBACA SAMPAI HABIS dan JANGAN FANWAR.

Jadi, apa saja sih drama Korea rekomendasiku? Simak listnya di bawah ini

  1. Signal
  2. Kenapa Signal aku letakkan di nomor satu? Karena memang drama ini tuh drama yang bener-bener anti-mainstream, beda sama drama kebanyakan. Baik dari segi plot atau ending. Dan aku baru tahu bahwa ternyata orang Korea bisa juga bikin drama serius kayak begini ya? Serius sih, karena aku sendiri adalah orang yang gemar film mindblowing, drama ini menyuguhkan hal tersebut. Dari episode pertama, drama ini udah intense banget. Para pemain dapat menghidupkan nyawa cerita yang bikin geregetan sebanyak 16 episode dan eksekusi ending ciamik banget. Walaupun endingnya cenderung menggantung dan bikin kita bertanya-tanya atau mengira-ngira sendiri ini endingnya mau dibawa kemana. (Overall rating: 4/5)
  3. W
  4. Kenapa aku letakkan W di nomor dua? Yang jelas drama ini juga skenarionya mangstab! Sayangnya intensitas sama keruwetan cerita cuma bagus di episode awal-awal. Eksekusi ending, big NO! Aku gak suka aja sama endingnya yang anti-klimaks. Apalagi karakter Oh Yeon Joo (Han Hyo Jo) sangat engga banget, cheesy. Modelnya si Oh Yeon Joo cuma jadi pemanis aja.Padahal kalau dia dieksplorasi dengan baik maka karakternya mungkin bisa sekuat Kang Mo Yeon (Song Hye Kyo, DOTS). (Overall rating: 3.8/5)
  5. Jealousy Incarnate
  6. Kalau saja W tidak menyuguhkan cerita anti-mainstream, mungkin drama ini akan bertengger di rekomendasi nomor 2. As expected, drama mbak Gong Hyo Jin selalu keren dan KOCAK! Skenario sudah bagus, porsi pemeran juga cenderung rata. Apalagi si Jo Jung Suk dapat mengocok perut penonton sekaligus bikin penonton gemas di tiap episode. Sayangnya peran Go Kyung Pyo di episode-episode terakhir menurun drastis dan tidak memiliki ending yang bagus. Oh ya, seandainya drama ini dicukupkan 16 episode atau maksimal 20 episode saja mungkin drama ini jadinya akan bagus banget. 24 episode membuat drama ini seperti dipanjang-panjangkan dan terlalu lamban di episode pertengahan. (Overall rating: 3.6/5)
  7. Goblin
  8. Sudah bisa ditebak kalau drama yang lagi hits ini pasti masuk ke dalam rekomendasiku. Kenapa? Satu, meski fantasi plot drama ini engga terlalu cheesy. Dua, episode awal sangat intense dan serius. Namun beranjak ke episode selanjutnya drama ini mulai masuk ke titik kebosanan. Dan untungnya pada episode pertengahan, intensitas dan jalan cerita kembali meningkat. Belum lagi ada misteri yang perlahan-lahan terjawab di episode-episode pertengahan ini. (Overall rating: 3.5/5)
  9. Cheese In The Trap
  10. Sebetulnya drama ini sempat aku remehkan karena pemerannya engga banget. Tapi ternyata Kim Go Eun dapat memerankan Hong Seol dengan baik. Eksekusi dari webtoon juga cukup baik, engga maksa kayak live action Jepang. Meski kata orang endingnya nyebelin karena gantung, aku cukup puas dengan endingnya. Karena lebih baik ending CITT dibiarkan begitu. Overall rating: (3.3/5)
  11. Oh My Venus
  12. Sama seperti Gong Hyo Jin, drama Shin Min Ah selalu bikin aku tertarik. Belum lagi di drama ini dia dipasangkan dengan So Ji Sub. Meski ceritanya cenderung mainstream, drama Shin Min Ah selalu kocakdan enak dinikmati. Apalagi endingnya disuguhkan dengan sangat manis. (Overall rating: 3.2/5)
  13. Doctors
  14. Sebenarnya drama ini cukup cheesy dan terlalu lamban di episode awal. Hanya saja semakin ke belakang, plot semakin panas meski endingnya agak anti-klimaks. Akting Park Shin Hye sebagai dokter sangat kuat di drama ini dan dia bisa jadi contoh wanita yang strong jaman sekarang. And thanks to Kim Rae Won yang mampu menghidupkan karakter lovable Dr. Hong. Tapi secara keseluruhan, drama ini memang tidak menyuguhkan masalah yang runcing. (Overall rating: 3.0/5).
Sebenarnya ada beberapa drama yang kutonton dan belum kutonton yang bisa aku keluarkan atau masukkan list. Yang sudah aku tonton dan tidak aku masukkan list adalah Legend Of The Blue Sea dan 38 Police Squad. LOTBS tidak masuk list karena dramanya terlalu cheesy, mungkin dia ingin menyaingi DOTS atau You Who Came From The Stars tapi jatuhnya gagal. Sudah terlalu banyak drama dengan formula yang mirip dan itu membosankan. 

Lalu 38 Police Squad, drama ini tidak masuk ke dalam list meskipun kata orang bagus. Satu, di 3 episode awal saja aku udah bosan menontonnya. Sebetulnya aku percaya pada Seo In Guk, sayangnya meski aktingnya outstanding, skenario drama ini terlalu membosankan.

Ada Descendants Of The Sun, Moonlight Drawn By Clouds, dan Scarlet Heart: Goryeo yang menurut orang-orang memiliki rating dan plot yang bagus. Tapi DOTS big NO buat aku! Baru nonton episode awal saja aku sudah tidak tertarik melanjutkannya lagi dan ternyata ceritanya mainstream juga. Yang istimewa hanyalah kembalinya Song Joong Ki dari wamil. Moonlight dan Moonlovers tidak berminat nonton karena Saeguk hahaha.

Ada The K2 dan Weightlifting Fairy Kim Bok Joo yang seharusnya masuk ke dalam list rekomendasi. Namun apa daya aku belum menonton kedua drama itu untuk memberikan penilaian jadi sementara ya disimpan dulu. Kalau ada waktu mungkin aku akhirnya akan memutuskan apakah kedua drama ini layak masuk ke dalam rekomendasiku atau tidak.

Satu hal yang pasti, Kim Soo Hyun tidak comeback drama tahun ini sementara tahun depan dia menghadapi wamil. Entah kapan aku bisa menonton akting ciamiknya lagi. Dan Lee Seung Gi juga sedang wamil jadi yah, aku cukup bersedih karena dua aktor ini tidak tampil di layar kaca tahun ini.

Itulah drama rekomendasi menurutku. Kalau menurut kalian?