Review Album: Something New - TAEYEON


Sebenarnya sebelum ini aku hendak me-review album Bangtan Seonyeondan (BTS) terbaru yakni Love Yourself: Tear. Hanya saja karena satu dan lain hal, Aku mengurungkan niat tersebut dan lebih memilih untuk me-review album TAEYEON tepat di hari rilisnya. Bukan karena aku punya sentimen terhadap BTS tapi karena rasanya telat saja, padahal sebetulnya aku sudah me-review singkat album BTS tersebut di Twitter dan tinggal mengelaborasi idenya di blog. Yah berhubung aku juga hectic ini dan itu jadi aku urungkan saja. Let's start with something fresh like SOMETHING NEW by TAEYEON ini.

Kembalinya Taeyeon setelah hampir satu tahun ini cukup membuatku terkejut, pasalnya leader girl group SNSD ini tiba-tiba posting teaser album mini ketiganya di Instagram. Tidak ada woro-woro dari SM sedikitpun. Begitu tahu Taeyeon posting teaser dengan caption Something New di Instagram alisku langsung berkerut, "Wait what? I'm not ready for this." Mau nggak siap pun Taeyeon tetap bakal merilis albumnya jadi kenapa harus panik bukan?

Lalu setelah cukup menggoda para fans dengan teaser foto yang bertebaran di Instagramnya, SM entertainment akhirnya merilis teaser MV kemarin dan melanjutkannya dengan merilis MV lengkap Something New hari ini pukul 6 sore. Begitu nonton MV-nya, yang ada di pikiranku adalah Taeyeon perlahan bermetamorfosis jadi penyanyi solo wanita dengan konsep badass. Bye, cutie pie SNSD begitu katanya.

Seperti yang kita ketahui, Taeyeon memulai debut solonya dengan genre yang aman. Genre pop ballad yang catchy dan Taeyeon banget, dilanjutkan dengan rilisan mini album EDM Why, lalu berlanjut ke genre yang lagi-lagi Taeyeon banget yakni full album My Voice yang kebanyakan tracknya masih berputar-putar di sekitaran lagu patah hati. Nah, di mini album ketiga ini Taeyeon mendobrak imejnya sebagai penyanyi solo dengan mencoba genre jazz elektronik dengan dentuman brass atau entahlah kalian sebut apa itu. Apalagi di MV, Taeyeon memerankan sosok cewek yang sangat badass dengan berkelahi dan berlaku defensif pada seseorang yang menyerangnya.

cover album Something New - Taeyeon ala ala anak indie

Ada seorang teman yang bertanya, "Who hurt her?" It's no longer about her past relationship with Baekhyun but here, in Something New, Taeyeon shows her ability to overcome netizen's opinion towards her. Seperti yang sering diketahui juga, Taeyeon punya banyak haters apalagi pasca hubungan romantisnya dengan Baekhyun EXO. Dan kuduga, MV Something New ini merupakan visualisasi kekesalan Taeyeon dan keinginannya memusnahkan para haters yang sering komen nyinyir di Instagramnya.

Bicara soal album, Something New masih berasa Taeyeon tapi dengan sentuhan yang lebih dewasa dan variatif. Track pertama yang berjudul sama dengan si album merupakan genre baru yang dicoba oleh Taeyeon setelah Why, I'm Okay, dan Cover Up. Dan seperti biasa, genre apapun selalu terdengar ciamik bila dinyanyikan oleh cewek kelahiran 1989 ini. Ditambah lagi musik jazz ala ala dengan dentuman piano dan beat elektrik ini refreshing banget, to put it simply this is what you call a music for me. Dengan catatan, selera musikku itu mainstream banget. Jadi bagi kalian yang lebih suka dengerin musik anti-mainstream, bisa jadi pendapat kita berbeda.

Title track yang mengingatkan kita pada musik-musik lawas era 70-an itu pun dilanjut dengan track kedua yakni All Night Long, dalam lagu ini Taeyeon berkolaborasi dengan NCT Lucas yang jablay banget itu. Sempat aku baca komentar Ron di twitter soal kolaborasi Taeyeon dan Lucas, for me it's not that bad. I mean yang namanya featuring ya Lucas udah cukup stand out dan patut diapresiasi kok. Lucas could pull off his rap very well. Ditambah lagi lagu All Night Long ini cocok banget di musim panas begini, feelnya liburan banget! Mengapa kubilang begitu karena ada petikan gitar reggae yang mengingatkan kita untuk pergi ke pantai hahahaha.

Lagu selanjutnya masih upbeat, beda banget dengan My Voice yang pembawaannya melankolis dan emosional. Meski demikian track Baram X3 sedikit banyak mengingatkan pada track I'm OK di album My Voice, genrenya ala-ala Western kekinian gitu. Kalau didengarkan dengan seksama sedikit banyak mengingatkan pada musik R&B ala ala Beyonce atau electronic zaman sekarang punya Dua Lipa, IDGAF. Kalian boleh setuju boleh tidak tapi Baram X3 ini sangat catchy dan lagi-lagi menangkap feel liburan musim panas. Padahal cover album Something New sangat emo, kontradiktif dengan materi lagu yang terdapat pada mini album berisikan 6 lagu ini.


Setelah dimanjakan dengan dua lagu upbeat bertema liburan, Taeyeon mengajak pendengarnya agak selow sedikit dalam track One Day. Seperti yang telah aku jelaskan sebelumnya, Taeyeon bisa jadi lebih dewasa dan olah vokalnya makin matang tapi dia tidak meninggalkan ciri khasnya, lagu ballad emosional yang mendayu-dayu. Dan yang paling aku suka dari Taeyeon adalah, lagu ballad yang dipilihnya itu tidak terlalu mainstream seperti yang sering kita dengar di OST drama. Lagu ballad ala Taeyeon itu punya sentuhan chic dan sedikit jazzy sehingga tidak membosankan meski didengarkan berkali-kali.

Sampai di track keempat, aku masih belum bisa menentukan pilihan lagu favoritku di EP ketiga Taeyeon. Sebab keempat track awal yang kudengarkan masih oke-oke saja di kuping dan susah menentukan mana yang paling kusuka, masing-masing lagu distinctive dan unik!

Lanjut ke track kelima yang punya melodi kuat dan tegas macam Eraser di album My Voice atau Stress di album I, Circus. Di sini seolah-olah Taeyeon menunjukkan bahwa dia itu cewek yang kuat. Boleh lah dia jadi penyanyi solo ballad nan emosional tapi dari situ dia menunjukkan bahwa karirnya sebagai main vokal grup cewek terbesar Korea Selatan tak boleh diremehkan. Lagi-lagi lagu ini pun membuktikan bahwa selera Taeyeon dalam memilih track yang dimasukkan ke dalam albumnya tak boleh dipandang sebelah mata. Dari mini album pertama I, Why, My Voice, dan Something New hampir semuanya aku suka. 

Album ini ditutup dengan instrument version dari Something New yang tentu saja bakal bikin kalian terkesima dengan kekayaan instrumen musik dan varian nada yang digunakan dalam lagu Something New tersebut. Kalau ditanya apakah EP ketiga Taeyeon ini bagus? Untukku (ini objective opinion) album ini bagus bahkan lebih bagus dari My Voice. My Voice mungkin terlalu personal bagi Taeyeon tapi di Something New, Taeyeon memilih untuk keluar dari zona nyamannya dan sekali lagi membuktikan bahwa SM nggak salah memilih dia sebagai main vokal SNSD. Kalau nggak percaya coba deh kalian buktikan sendiri!